Lowongan Kerja September 9, 2015
Share

Lowongan Kerja Tim Nusantara Sehat Kemenkes

Advertisements :

Fokus kebijakan Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) untuk periode 2015 – 2019 adalah penguatan Pelayanan Kesehatan (Yankes) Primer. Prioritas ini didasari oleh permasalahan kesehatan yang mendesak seperti angka kematian ibu dan bayi yang masih tinggi, angka gizi buruk, serta angka harapan hidup yang sangat ditentukan oleh kualitas pelayanan primer. Penguatan yankes primer mencakup tiga hal: Fisik (pembenahan infrastruktur), Sarana (pembenahan fasilitas), dan Sumber Daya Manusia (penguatan tenaga kesehatan).

Program Nusantara Sehat adalah salah satu bentuk kegiatan yang dicanangkan oleh Kemenkes dalam upaya mewujudkan fokus kebijakan tersebut. Program ini dirancang untuk mendukung pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang diutamakan oleh Pemerintah guna menciptakan masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan.

Penguatan yankes primer adalah garda terdepan dalam pelayanan kesehatan masyarakat yang berfungsi memberikan pelayanan kesehatan dan melakukan upaya preventif melalui pendidikan kesehatan, konseling serta skrining (penapisan).

Program Nusantara Sehat melalui penempatan tenaga kesehatan berbasis tim, dilakukan berdasarkan hasil kajian terhadap distribusi tenaga kesehatan yang dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan pada tahun 2012. Salah satu rekomendasi kajian menunjukkan bahwa penempatan tenaga kesehatan untuk daerah tertentu lebih baik jika dilakukan berbasis tim. Kajian tersebut ditindaklanjuti dengan uji coba penempatan tenaga kesehatan berbasis tim pada tahun 2014 di 4 Puskesmas pada 4 kabupaten di 4 Propinsi (Prop. Sumatra Utara, Kalimantan Barat, Maluku dan Papua) dan berhasil meningkatkan kunjungan Puskesmas serta Upaya Kesehatan Masyarakat. Dari segi tenaga kesehatan mereka merasa lebih nyaman karena ditempatkan dan bekerja dalam satu tim. Sebelumnya Kantor Urusan Khusus Presiden RI untuk Millennium Development Goals (KUKP-RI MDGs) juga telah membuat program Pencerah Nusantara yang pola penempatan tenaga kesehatannya juga berbasis tim.

Pendekatan yang dilakukan program Nusantara Sehat bersifat komprehensif dengan melibatkan anggota tim dengan berbagai jenis tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter, dokter gigi, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, tenaga ahli teknologi laboratorium medik, tenaga gizi, dan tenaga kefarmasian.

Target pelaksanaan program Nusantara Sehat adalah Puskesmas yang berlokasi di Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK) di 44 Kabupaten di Indonesia dan melibatkan setidaknya 600 tenaga kesehatan. Kesulitan yang dihadapi selama ini oleh Puskesmas, khususnya yang berada di DTPK adalah kurangnya tenaga kesehatan sehingga mereka tidak mampu menjalankan fungsi puskesmas dengan optimal. Melalui program Nusantara Sehat, Kemenkes berupaya untuk memperkuat puskesmas yang ada di daerah-daerah tersebut dengan menempatkan setidaknya 600 tenaga kesehatan tambahan ke 120 Puskesmas yang tersebar di seluruh Indonesia.

Peserta program adalah para tenaga profesional kesehatan dengan latar belakang tenaga kesehatan yang berbeda yang terdiri dari dokter, dokter gigi, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, tenaga ahli teknologi laboratorium medik, tenaga gizi, dan tenaga kefarmasian, dengan persyaratan usia di bawah 35 tahun dan bersedia mengabdikan dirinya untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sesuai kebutuhan Kementerian Kesehatan.

Peserta Tim Nusantara Sehat melalui proses seleksi administrasi dan seleksi psikologi (test psikologi, FGD, dan wawancara). Peserta yang lolos seleksi adalah peserta yang memperlihatkan kemampuan sosialisasi dan berkomunikasi yang baik, memperlihatkan inisiatif dan pengambilan keputusan yang baik, serta berkomitmen terhadap tanggung jawab dalam melaksanakan tugas.

Penempatan setidaknya 600 tenaga kesehatan akan dilakukan secara simultan ke 120 Puskesmas dan mereka akan berada di masing-masing Puskesmas selama 2 (dua) tahun.

Seluruh peserta dibekali materi bela negara, keahlian medis dan non-medis. Mereka juga diberikan pemahaman terhadap budaya-budaya lokal sehingga diharapkan mereka dapat berinteraksi dengan petugas kesehatan setempat dan masyarakat sekitar di daerah penempatan.

Rekrutmen Anggota Tim Program Nusantara Sehat Kemenkes RI

Kementerian Kesehatan mengundang kembali semua putra putri indonesia tangguh untuk menjadi tenaga kesehatan melalui Lowongan Kerja Non CPNS Kemenkes tahun 2015 sebagai berikut :

Advertisements :

Formasi yang dibutuhkan :

  1. Dokter
  2. Dokter Gigi
  3. Perawat
  4. Bidan
  5. Tenaga Kesehatan masyarakat
  6. Tenaga Kesehatan lingkungan
  7. Ahli Teknologi Laboratorium Medik (Analis Kesehatan)
  8. Tenaga Gizi
  9. Tenaga Kefarmasian

Deskripsi Pekerjaan

Persyaratan Umum :

  • Warga Negara Indonesia
  • Umur maksimal 35 tahun untuk dokter umum dan dokter gigi sedangkan untuk tenaga kesehatan lainnya maksimal umur 30 tahun
  • Status ingle dan bersedia tidak menikah selama enam bulan dalam masa penugasan
  • Berbadan sehat jasmani dan rohani serta bebas dari obat obatan terlarang
  • Memiliki kelakuan yang baik
  • Memiliki STR yang masih berlaku
  • Siap bekerja dan penempatan dimana saja sesuai kebutuhan Kementerian Kesehatan

Situs Referensi

  1. www.nusantarasehat.kemkes.go.id

Tata Cara Pendaftaran Lamaran

Bagi Anda yang berminat menjadi peserta program nusantara sehat, segera daftarkan diri Anda melalui laman resmi Nusantara Sehat di bawah ini :

Advertisements :

Catatan :

  • Pendaftaran Nusantara Sehat Angkatan ke-2 tahun 2015 dibuka sampai tanggal 14 September 2015.
  • Untuk penempatan setiap tenaga kesehatan diseluruh puskesmas puskesmas daerah seluruh indonesia sesuai pemetaan ketenagaan yang ditetapkan oleh Kemenkes dalam formasi Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Berbasis Tim (Team Based) Dalam Mendukung Program Nusantara Sehat. Setiap puskesmas terdiri atas 1 tim dimana 5 – 9 jenis tenaga kesehatan (bidan, ahli teknologi laboratorium medik, tenaga gizi, tenaga kesehatan masyarakat, dokter, dokter gigi, perawat, tenaga kesehatan lingkungan, dan tenaga kefarmasian)
  • Masa penempatan tenaga kesehatan adalah dua tahun sesuai penugasan khusus berbasis tim (team based) Dalam Mendukung Program Nusantara Sehat

Info Lowongan Kerja Tim Nusantara Sehat dipersembahkan oleh Info CASN BUMN.

Share
Already a fan?