Lowongan Kerja November 4, 2015
Share

Lowongan Kerja Bakti Rimbawan Kemenhut

Profil Kementerian Kehutanan

Kementerian Kehutanan – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan lingkungan hidup, dan kehutanan. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan merupakan penggabungan antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Kehutanan. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Kementerian Kehutanan dipimpin oleh seorang Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Men LHK). Pada Kabinet Kerja yang dipimpin oleh Joko Widodo, Kementerian Lingkungan Hidup digabung dengan Kementerian Kehutanan, sehingga nama kementerian kemudian menjadi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sejak tanggal 27 Oktober 2014.

Advertisements :

Pembangunan kehutanan sebagai suatu rangkaian usaha diarahkan dan direncanakan untuk memanfaatkan dan mendayagunakan sumber daya hutan secara maksimal dan lestari. Tujuannya adalah untuk memadukan dan menyeimbangkan manfaat hutan dengan fungsi hutan dalam keharmonisan yang dapat berlangsung secara paripurna.

Dalam pelaksanaannya, yang sejalan dengan semakin berkembangnya usaha-usaha lain dalam pembangunan nasional, pembangunan kehutanan menghadapi berbagai masalah/hambatan yang sangat kompleks. Apabila masalah dan hambatan tersebut tidak ditangani secara menyeluruh, tujuan pembangunan kehutanan akan dapat terganggu.

Berbagai masalah yang berupa ancaman, gangguan, dan hambatan dalam pelaksanaan pembangunan kehutanan, tidak akan dapat terselesaikan secara tuntas apabila penanganannya tidak bersifat strategis, yaitu melalui penanggulangan secara konsepsional dan paripurna dengan sistem manajemen yang dapat menampung seluruh aktivitas kegiatan kehutanan yang sudah semakin meningkat. Dalam kondisi seperti itu maka perlu adanya suatu bentuk administrasi pemerintahan yang sesuai dan memadai, sebagai sarana yang sangat dibutuhkan bagi terlaksananya keberhasilan pembangunan kehutanan.

Terbentuknya Departemen Kehutanan memang sangat tepat, karena hutan dengan multi fungsinya tidak mungkin ditangani secara baik tanpa wadah yang mandiri. Demikian pula ketiga aspek pembangunan kehutanan (perlindungan, pengawetan, dan pemanfaatan) dapat dilaksanakan secara saling menunjang, sehingga tidak dapat dilaksanakan secara terpisah-pisah oleh berbagai departemen. Melihat pentingnya penanganan ketiga aspek pembangunan kehutanan itu maka eksistensi Departemen Kehutanan memang merupakan suatu kebutuhan yang mendasar sebagai sarana dalam rangka tinggal landas kehutanan.

Untuk dapat menampung tugas dan fungsi pokok tersebut di atas maka sesuai dengan Surat Keputusan Presiden Nomor 15 tahun 1984 Struktur Organisasi Departemen Kehutanan ditetapkan sebagai berikut:

  1. Menteri;
  2. Sekretariat Jenderal;
  3. Inspektorat Jenderal;
  4. Direktorat Jenderal Pengusahaan Hutan;
  5. Direktorat Jenderal Reboisasi dan Rehabilitasi Lahan;
  6. Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam;
  7. Badan Inventarisasi dan Tata Guna Hutan;
  8. Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan;
  9. Pusat Pendidikan dan Latihan Kehutanan;
  10. Kantor Wilayah Departemen Kehutanan di Wilayah.

Di samping itu terdapat 12 UPT di lingkungan Departemen Kehutanan dan 24 Dinas Kehutanan Daerah Tingkat I.

Pembentukan Departemen Kehutanan bukan merupakan restorasi dari Direktorat Jenderal Kehutanan, melainkan merupakan suatu pembangunan institusi kehutanan melalui pengembangan dan pemanfaatan kondisi dan material yang dimiliki. Hal tersebut sekaligus merupakan jawaban atas kondisi dan permasalahan yang dihadapi selama itu, yang antara lain berupa keterbatasan masalah peraturan perundangan, kepemimpinan dan kebijaksanaan, keterbatasan sarana, personil dan lain-lain. Atas dasar kondisi tersebut kemudian ditetapkan kembali tujuan, misi dan tugas pokok serta fungsi Departemen Kehutanan sebagai landasan pelaksanaan pembangunan kehutanan.

Kontak Kementerian Kehutanan

Kemenhut 2

www.dephut.go.id

Kementerian Kehutanan
Gedung Manggala Wanabakti Blok I Lt. 3
Jalan Gatot Subroto – Senayan – Jakarta – Indonesia – 10270
Telp. +62-21-5704501-04; +62-21-5730191
Sumber : http://www.dephut.go.id

PENGUMUMAN SELEKSI PENERIMAAN CALON TENAGA
KERJA BAKTI RIMBAWAN DALAM PEMBANGUNAN KEHUTANAN

Advertisements :

Bakti Rimbawan adalah program Kementerian Kehutanan guna membuka kesempatan kepada warga negara Indonesia yang memiliki integritas dan komitmen tinggi untuk menjadi Tenaga Bakti Rimbawan guna memenuhi kebutuhan tenaga kerja tingkat terampil dan ahli dalam melaksanakan pengabdian pada Negara khususnya pembangunan kehutanan.

Formasi Tenaga Bakti Rimbawan :

  1. Perencanaan : S1- Kehutanan
  2. Pendamping Pemberdayaan Masyarakat : D3-Kehutanan, S1- Kehutanan, S1-Pertanian
  3. Penanaman / RHL : S1-Pertanian, SMK Kompetensi Keahlian
  4. Kehutanan : SMK Kompetensi Keahlian Kehutanan
  5. Pemanfaatan Hasil Hutan : SMK Kompetensi Keahlian Kehutanan
  6. Calon PEH : SMK Kompetensi Keahlian Kehutanan
  7. Perlindungan Hutan : SMK Kompetensi Keahlian Kehutanan
  8. Surveyor : SMK Kompetensi Keahlian Kehutanan
  9. Formasi Khusus Prov. Papua Barat

Deskripsi Pekerjaan

Persyaratan :

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Memenuhi syarat umur sebagai berikut :
    • a. Lulusan SMK Kompetensi Kehutanan maksimal 24 Tahun Per 1 Oktober 2015
    • b. Lulusan Diploma 3 maksimal 26 Tahun Per 1 Oktober 2015
    • c. Lulusan Sarjana maksimal 30 Tahun Per 1 Oktober 2015
  • Siap ditempatkan di seluruh Wilayah Indonesia/NKRI pada tingkat tapak (kecamatan dan desa)

Berkas lamaran terdiri dari:

  1. Print Out formulir Pendaftaran online;
  2. Surat permohonan untuk menjadi tenaga kerja bakti rimbawan;
  3. Pas photo ukuran 4 x 6 berwarna berlatar belakang merah (untuk pria) dan berlatar belakang biru (untuk wanita) sebanyak 4 lembar;
  4. Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku;
  5. Fotocopy Ijazah terakhir yang telah dilegalisir;
  6. Fotocopy Transkrip nilai akademik terakhir yang telah dilegalisir;
  7. Fotocopy legalisir Surat Keterangan Sehat dan tidak hamil dari dokter;
  8. Fotocopy legalisir Surat Keterangan Catatan Kepolisian;
  9. Fotocopy Sampul/lembar judul tulisan ilmiah yang dipublikasikan (jurnal/media massa/media elektronik) sesuai dengan yang dicantumkan dalam formulir pendaftaran online;
  10. Fotocopy Sertifikat sesuai dengan yang dicantumkan dalam formulir pendaftaran online;
  11. Fotocopy Surat keterangan/piagam yang membuktikan keikutsertaan dalam organisasi sesuai dengan yang dicantumkan dalam formulir pendaftaran online;
  12. Fotocopy Surat Keputusan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM (Khusus tenaga Ex. Basarhut/Bakti Rimbawan minimal masa kerja 20 bulan);
  13. Fotocopy Surat Keputusan (SK) Petugas Lapangan Gerhan (PLG) dan Petugas Lapangan Kebun Bibit Rakyat (PLKBR) sesuai dengan yang dicantumkan dalam formulir pendaftaran online;
  14. Surat Keterangan pernah Bekerja/Magang/Penelitian;
  15. Surat Pernyataan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI (bermaterai);
  16. Untuk perlindungan kesehatan bagi pelamar perempuan tidak sedang mengandung dan bersedia menunda kehamilan selama masa kontrak, dinyatakan dengan surat keterangan dokter yang menyatakan tidak dalam kondisi mengandung (hamil) dan surat pernyataan pelamar (bermaterai).

Situs Referensi

  1. www.dephut.go.id

Tata Cara Pengiriman Lamaran

Silakan melakukan pendaftaran dulu ke laman berikut ini :

[AdSense-C]

lalu kirim berkas lamaran ke :

Panitia Seleksi Bakti Rimbawan Tahun 2015
Gedung Manggala Wanabakti Blok VII Lantai 12,
Jl. Gatot Subroto Jakarta Pusat 10270.

Ketentuan:

  • Pendaftaran dibuka sampai dengan tanggal 16 Nopember 2015.
  • Panitia seleksi Bakti Rimbawan berhak menyatakan seseorang calon tidak diterima /dibatalkan/digugurkan menjadi Bakti Rimbawan walaupun telah lulus Tes, apabila di kemudian hari diketahui bahwa terdapat persyaratan yang ternyata tidak benar/ tidak sah.
  • Berkas pelamar yang masuk ke Panitia menjadi arsip Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan tidak dapat diminta kembali oleh pelamar.
  • Seluruh tahapan seleksi Bakti Rimbawan TIDAK DIKENAKAN BIAYA ATAU PUNGUTAN DALAM BENTUK APAPUN.
  • Panitia seleksi Bakti Rimbawan TIDAK BERTANGGUNG JAWAB atas segala pungutan atau tawaran apapun oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau Panitia.
  • Sumber

Info Lowongan Kerja Rimbawan Kemenhut persembahan dari Info CASN BUMN

Share
Already a fan?